Lebih detail tentang Beyond B988 Confident

Beyond B988 Confident
Vendor merek lokal Beyond menawarkan salah satu variannya di kelas smartphone Android berlayar 5 inchi, yaitu Beyond B988 Confident. Dari sisi desain, B988 Confident mengusung rancangan non unibody, artinya modul baterai dapat dilepas pasang. Dari tampilannya, B988 Confident punya kesan yang elegan, sekilas mencitrakan produk smartphone asal vendor dari Korea. Selain layar, sekujur bodi-nya dilapisi material plastik glossy berwarna putih.

Beyond B988 Confident punya dimensi 140,2 x 72,3 x 9,4 mm dengan berat 154 gram. Terbilang minimalis nan tipis untuk kelas smartphone. Ponsel ini dibekali dengan layar capacitive berkedalaman 16 juta warna. Resolusi layar yaitu 480 x 854 pixels, sementara ukuran layar 5 inchi dengan kualitas layar ada di level 240 ppi (pixel per inch), yang artinya cukup ideal untuk ponsel sekelasnya. Sayangnya layar tidak dilengkapi dengan pelindung anti gores.

Lebih detail tentang sisi desain, mari kita telaah lebih dalam, seperti biasa diatas layar terdapat lubang earpiece, lensa kamera sekunder, dan sensor proximity. Sementara dibawah layar terdapat tiga touchpad, yaitu untuk fungsi back, home, dan recent menu. Mempermanis tampilan, pada sekeling layar dilapisi lis berwarna krom. Posisi audio jack 3,5 mm dan port microUSB ada di bagian atas (top view), sedangkan di bagian bawah bodi (bottom view) hanya terdapat lubang mikrofon. Tombol on/off yang berperan sebagai pengunci layar disematkan pada sisi kanan bodi, dan sekaliknya pada sisi kiri bodi terdapat tombol pengatur volume.

Menengok ke bagian belakang (back cover), ada lensa kamera utama, flash light, dan lubang speaker. Tutup back cover dapat dibuka dengan mudah, sejara jelas tampak bahwa keseluruhan slot, baik slot SIM card dan slot microSD posisinya terhalang bodi baterai, alias tidak hotswap.

Catatan
Slot SIM 2 mengadopsi untuk jenis micro SIM card. Sedangkan slot SIM 2 mengusung jenis mini SIM card, alias SM card ukuran reguler. Posisi slot microSD mengusung desain deck bertumpuk, dimana slot SIM 2 berada di bagian dasar.

Fitur
Beyond B988 Confident berjalan di platform Android 4.2.2 Jelly Bean. Dari segi tampilan antarmuka rasanya tidak ada sesuatu yang nampak berbeda dari ponsel Android kebanyakan, hanya saja Beyond memberi sentuhan sedikit pada ikon menu. Pada homescreen terdapat 5 laman dinamis yang bisa digeser-geser untuk ditempati aneka widget. Dengan sokongan prosesor quad core 1.2Ghz, andalan utama B988 adalah kemamapuan dual on GSM-GSM. Dimana kedua kartu dapat menjalankan moda layanan 3G hingga 3.5G. Sayangnya pihak vendor tidak menginformasikan, sampai di level mana HSDPA yang digunakan. Jalur koneksi lain yang tersedia adalah WiFi dengan standar a/b/g/n dengan bisaan untuk melakukan WiFi tethering (hotspot). Lainnya ada Bluetooth dan sambungan data lewat port microUSB.

Andalan lain dari elemen imaging, kamera utama resolusinya maksimumnya 8 megapixels (3264 x 2448 pixels) dan untuk kamera sekunder resolusi maksimumnya 5 megapixels (3072 x 1728 pixels). Dukungan pada menu kamera mencakup flash light, auto focus, touch focus, night mode, geo tag, efek, white balance, face detection, multi shot, panorama, HDR (high definition range), self timer, ISO, dan foto editor. Untuk multi shot tersedia pilihan 44x dan 99x pengambilan foto secara beruntun.

Kamera juga dapat melakukan tugas rekam video. Resolusi maksimumnya adalah 1280 x 720 pixels dengan kecepatan 30 fps. Melihat spesifikasinya, maka bisa disebut kemampuan rekam video sudah full HD. Rekam video dilengkapi dengan pengaturan audio (meeting dan normal), fungsi mikrofon juga dapat di aktif dan non aktifkan.

Untuk fitur hiburan, pemutar musik sudah tersedia dengan pengaturan equalizer, playlist, shuffle, repeat, bass boost, dan peningkatan bass. Selain itu, juga tersedia FM radio dengan kemampuan rekam siaran. Dalam ujicoba, scan list radio dapat membaca hingga 18 channel.

Tidak banyak fitur-fitur yang disertakan, hanya saja pihak vendor nampak mengunggulkan ponsel ini dalam menjalankan aplikasi BBM (BlackBerry Messenger). Dimana aplikasi tersebut sudah terinstall dalam paket penjualan. Dalam paket jual, Beyond juga memberikan jalur akses ke menu B Tunes dan B Play. Untuk kebutuhan aplikasi kantoran, Beyond sudah membenamkan Kingsoft Office.

Catatan
FM radio dapat diaktifkan dengan koneksi headset sebagai antena.

Kinerja
Beyond B988 Confident disokong prosesor quad core 1.2Ghz dengan chipset MT6582 dari MediaTek. Sementara untuk kemampuan layarnya disokong GPU (graphic processing unit) Mali 400MP. Untuk kapasitas RAM (random access memory) yang terpasang adalah 1GB dengan memori internal 4GB. Untuk dukungan slot memori eksternal ada microSD hingga kapasitas 32GB.

Dalam uji coba, ponsel ini dapat menampilkan kinerja yang cukup baik. Hanya saja posisi port microUSB yang agak menjorok ke dalam dari cover, membuat koneksi charging kerap kurang pas dudukannya. Beyond B988 Confident ditenagai betarai lithium ion dengan kapasitas 1.700 mAh. Dari kapasitas tersebut, dapat dicapai waktu siaga sekitar 20 jam dengan mengaktifkan kemampuan dual on.

Harga Baru Rp. 1.500.000,-, 02/04/2014

0 comments:

Post a Comment